Selasa, 05 Oktober 2010

NITROGEN (N2) : SEBUAH PENDAHULUAN

Nitrogen (N) adalah suatu unsur penting dalam semua perihal kehidupan. Jika keberadaan N tidak mencukupi di lingkungan, hal itu dapat membatasi pertumbuhan biologis dan produktivitas. Jika N berada dalam jumlah yang cukup maka akan dapat mendorong tingkat kesuburan (eutrophikasi akibat kelebihan jumlah bahan-bahan organik) dari permukaan perairan dan akumulasi dari sejumlah nitrat beracun (NO3-) pada tumbuh-tumbuhan didaratan.

Standard air minum yang dikosumsi untuk kandungan konsentrasi unsur nitrat (NO3-N) adalah 10 mg/L dan beberapa air permukaan dan air tanah. Seperti di Illinois USA telah melampui batas kosentrasi ini. Penetapan ukuran-ukuran dan standard N harus mempertimbangkan secara seksama dampak kelebihan N konsentrasi didaerah muara, seperti eutrophikasi muara dan perairan pantai. Sebab kelebihan N akan mengakibatkan eutrophikasi (kesuburan yang berlebihan) dan mengakibatkan keadaan hypoxia (kehabisan dari oksigen terlarut) didalam perairan pantai, ada kemungkinan bahwa pengangkutan kelebihan N dari daerah hulu dampak secara langsung pada didaerah hilir sebagai muara akhir dari pengangkutan N.

Dampak dari eutrophikasi perairan adalah kematian massal organisme perairan akibat kehabisan oksigen terlarut yang menjadi faktor pembatas kehidupan organisme perairan.

0 komentar:

Template by: Abdul Munir
Website: 99computercity